Soal dan Jawaban Pemantulan dan Pembiasan

Soal dan Jawaban Pemantulan dan Pembiasan 
Rumah Fisika akan selalu membantu sobat semua, akan selalu memberi solusi dari masalah fisika dalam mengerjakan soal-soal sekolah atau pun tugas rumah. pagi ini rumah fisika kembali meluncurkan di blog rumah fisika blog kita semua Soal dan Jawaban Pemantulan dan Pembiasan cahaya materi sma kelas x semeter genap.
Soal Soal ini kami ambil dari buku fisika sma kelas x marthen kanginan.

Iis sedang duduk pada sebuah bangku sejauh 3m dari sebuah dinding dimana pada dinding itu bergantung sebuah cermin datar. Tepat 3 m dibelakangnya berdiri seorang pria dengan tinggi 162 cm. Berapa ketinggian minimum cermin yang memungkin Iis melihat seluruh tinggi badan pria tersebut

Sebuah cermin cekung mempunyai jari-jari kelengkungan 36cm. Dimanakah benda harus ditempatkan agar terbentuk bayangan tegak berukuran 3 kali ukuran bendanya

Sebuah cermin cembung mempunyai jari-jari kelengkungan 30 cm. Dimanakah bayangan benda jika terbentuk bayangan tegak berukuran 2 kali ukuran bendanya.

 Sebuah cermin cekung dengan jari-jari kelengkungan 4 m digunakan untuk menghasilkansuatu bayangan dari bulan pada sebuah film fotografik. Garis tengah bulan kira-kira 3500 Km dan berada kira-kira 384.000 Km dari bumi
a.       Berapa jauh dari cermin seharusnya film fotografik itu diletakkan
b.      Berapa ukuran bayangan bulan dan bagaimana sifat-sifat bayangan itu ?

 Dua buah cermin diletakkan saling berhadapan dengan sumbu utamanya berimpit. Cermin 1 adalah cermin cekung dengan jarak fokus 8 cm. Cermin 2 adalah cermin cembung dengan jari-jari lengkung 12 cm. Jarak antara kedua cermin 18 cm. Sebuah benda diletakkan 12 cm didepan cermin 1. Hitunglah jarak antara bayangan pertama yang dibentuk oleh kedua cermin itu.
JAWABAN DAPAT DI DOWNLOD DIBAWAH INI
MELALUI 4SHARED


Sebuah benda tinggi 8 cm diletakkan 15 cm didepan sebuah cermin cembung yang memiliki jari-jari kelengkungan 45 cm, tentukan letak, tinggi bayangan dan sifat-sifatnya.

 Sebuah kolam renang disinari oleh suatu sumber cahaya titik yang terdapat didasar kolam. Dipandang dari atas air pada jarak mendatar d = 1 m, cahaya tampak pada sudut  berapa dalamkah kolam itu. Indek bias air ¾
Suatu lapisan tipis minyak dengan indek bias 1,45 mengapung di atas air dengan indek bias 1,33. Sinar datang pada lapisan minyak dengan sudut datang 300 . Jika α adalah sudut bias sinar didalam air, tentukan nilai sin α ...?

Cahaya kuning lampu natrium memiliki panjang gelombang 588 nm. Jika suatu berkas sinar ini masuk kedalam air dengan indek bias 1,33 berapa
a.       Cepat rambat
b.      Panjang gelombang
c.       Frekuensi cahaya dalam air

JAWABAN DAPAT DI DOWNLOD DIBAWAH INI
MELALUI 4SHARED


Sebuah prisma gelas memiliki sudut pembias 600 dan dibuat dari bahan yang indek biasnya 1,45. Hitung sudut datang pada bias batas 1( Udara-Gelas) yang akan menghasilkan pemantulan sempurna pada bidang batas 2 (Gelas-Udara)
  Sebuah benda yang tingginya 12 mm diletakkan didepan lensa cembung yang jarak fokusnya 10 cm sehingga terbentuk bayangan 30 cm dari lensa. Tentukan letak benda dan tinggi bayangannya

 
Sebuah lensa plan konveks dengan jari-jari 100 cm dan indeks bias 3/2. Sebuah benda terletak di depan lensa dan dibentuk bayangan nyata dengan perbesaran 2 kali, tentukan letak benda di depan lensa tersebut ?

  Titik dekat mata seseorang terletak pada jarak 120 cm di depan mata. Untuk melihat dengan jelas suatu benda yang terletak 30 cm di depan mata, berapakah kekuatan lensa kacamata yang harus dipakai orang tersebut?

Sebuah lensa cenbung double (doubl;e convex) tipis mempunyai jari-jari kelengkungan sebesar 40 cm dan dibuat dari kaca dengan n = 1,5. Berapa panjang focus lensa tersebut?

JAWABAN DAPAT DI DOWNLOD DIBAWAH INI

Comments